ANALISIS SWOT PADA STRATEGI PEMASARAN LEDRE PISANG UD. DUA PUTRI DEWI, KOTA MALANG
Kata Kunci:
Ledre Pisang, Strategi Pemasaran, Analisis SWOTAbstrak
Pisang merupakan salah satu tanaman hortikultura yang potensi produksinya cukup besar
di Indonesia. Ada dua jenis pisang yang ada di Indonesia, yaitu jenis buah yang langsung dapat
dimakan dan yang harus diolah terlebih dahulu untuk bisa dimakan. Pengolahan pisang sangat
banyak sekali dan salah satu contohnya adalah makanan ringan yang dinamakan Ledre. Salah satu
industri pengolahan Ledre Pisang yang ada di Kota Malang adalah UD. Dua Putri Dewi. Maka,
tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran yang ada di UD. Dua Putri
Dewi dengan menggunakan Analisis SWOT sebagai metode penelitian kali ini. Dalam usaha ledre
pisang UD. Dua Putri Dewi, hasil analisis menunjukan bahwa masing-masing faktor pada strategi
pemasaran memiliki nilai skor yang bervariasi. Pada faktor kekuatan (Strength) ledre pisang UD.
Dua Putri Dewi, nilai skor indikator tertinggi adalah rasa ledre pisang yang enak dengan skor
0,189. Faktor kelemahan (Weakness) memiliki nilai skor indikator tertinggi adalah belum
lengkapnya peraturan pelaksanaan pengelolaan produksi dan dana, termasuk SOP (standar
operasi dan prosedur) dengan skor 0,121. Faktor peluang (Opportunity) memiliki nilai skor
indikator tertinggi yaitu dukungan pemerintah sangat berguna dengan skor 0,206. Faktor ancaman
(Threat) memiliki nilai skor indikator tertinggi yaitu jumlah pesaing yang bertambah dan
kompetitif dengan skor 0,154. Strategi pemasaran pada usaha UD. Dua Putri Dewi dengan
menggunakan analisis SWOT berada pada kuadran I yang merupakan strategi yang mendukung
strategi agresif. Pada posisi tersebut UD. Dua Putri Dewi berada pada situasi yang dimana
kekuatan yang memanfaatkan peluang. Dengan demikian, strategi yang harus diterapkan dalam
kondisi ini adalah mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif (Growth Oriented Strategy).
Kata kunci: Ledre Pisang, Strategi Pemasaran, Analisis SWOT