ANALISIS EFISIENSI PEMASARAN BERAS ORGANIK (Studi Kasus di Kelompok Petani Sumber Makmur 1, Desa Sumber Ngepoh, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang)

Authors

  • Aloysius
  • Lisa Kurniawati
  • Stefanus Jufra M. Taneo

DOI:

https://doi.org/10.37832/bistek.v1i1.8

Keywords:

Beras Organik, Efisiensi Pemasaran, Break Even Point

Abstract

Usaha tani padi organik menghadapi berbagai permasalah terutama yang terkait dengan efisiensi
pemasaran. Pemasaran yang efisien adalah ketika total biaya yang dikeluarkan petani lebih kecil
dari total nilai produk yang diterima (TB < TNP) dan efisiensi pemasaran juga dipengaruhi oleh
Break Even Point (BEP), semakin rendah nilai titik impas akan menyebabkan EP yang semakin
tinggi (< 100%). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efisiensi pemasaran beras
organik dan untuk mengetahui BEP dari harga jual dan jumlah produksi beras organik yang
dapat disasilkan petani dalam satu kali masa produksi. Penelitian dilaksanakan di Kelompok
Tani Sumber Makmur 1, Desa Sumber Ngepoh, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang.
Metode sensus digunakan dalam penentuan sampel, dengan total populasi sebanyak 44 petani.
Data diperoleh melalui wawancara dan dokumentasi, dengan metode analisis data kuantitatif.
Hipotesis penelitian: 1) Pemasaran beras organik belum efisien. 2) Harga jual dan jumlah
produksi beras organik sudah mencapai Break Even Point (BEP). Berdasarkan hasil analisis
menunjukkan efisiensi pemasaran dicapai nilai sebesar 64,66%,. Hal tersebut berati bahwa total
biaya yang dikeluarkan petani hanya sebesar 64,66% dari total nilai produk yang terjual. Untuk
BEP harga jual sebesar Rp. 4.849 dan BEP produksi sebesar 1.855 kg, berarti harga jual yang
ditetapkan petani sebesar Rp. 7.500 dan produksi yang dihasilkan sebesar 2.870 kg sudah
mencapai BEP. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak, berarti
pemasaran beras organik di Kelompok Tani Sumber Makmur 1, Desa Sumber Ngepoh sudah
mencapai BEP.
Kata Kunci: Beras Organik, Efisiensi Pemasaran, Break Even Point

Published

2014-12-15

How to Cite

Aloysius, Lisa Kurniawati, & Stefanus Jufra M. Taneo. (2014). ANALISIS EFISIENSI PEMASARAN BERAS ORGANIK (Studi Kasus di Kelompok Petani Sumber Makmur 1, Desa Sumber Ngepoh, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang). Jurnal BisTek PERTANIAN Agribisnis Dan Teknologi Hasil Pertanian, 1(1). https://doi.org/10.37832/bistek.v1i1.8

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>