Perilaku Konsumsi Generasi Z Dalam Pembelian Produk Makanan Pada Aplikasi Gojek Di Kota Malang

Authors

  • Melania Awuk Universitas Katolik Widya Karya

DOI:

https://doi.org/10.37832/bistek.v11i2.88

Abstract

Peradaban manusia berubah setiap saat, mulai dari zaman dahulu hingga sekarang era yang kita kenal sebagai era Gen Z atau Generasi Z. Individu yang lahir antara tahun 1997 dan 2012 disebut sebagai generasi Z. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu menganalisis faktor harga produk, pendapatan, lingkungan sosial, psikologi konsumen, dan strategi pemasaran dalam mempengaruhi perilaku konsumsi generasi z terhadap pembelian produk makanan pada aplikasi gojek di Kota Malang. Menjawab tujuan penelitian menggunakan analisis regresi, khususnya analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan Faktor yang paling berpengaruh dalam perilaku konsumsi generasi z terhadap pembelian produk makanan pada aplikasi gojek adalah faktor harga produk dan marketing mix dengan nilai signifkan variabel harga produk sebesar 0.40 dan variabel marketing mix 4P sebesar 0.32.

 

References

Akhmadi, H., & Afif Rasyid Alfathah, S. (2021). Generation Z consumer’s preferences for online food ordering application: a study of gofood and grabfood. E3S Web of Conferences, 316. https://doi.org/10.1051/e3sconf/202131601011

Al Farasyi, F., & Iswati, H. (2021). The Influence of Social Media, E-Lifestyle and Digital Culture on Consumption Behavior (Case Study Of Go Food In Jakarta). RSF Conference Series: Engineering and Technology, 1(2), 30–39. https://doi.org/10.31098/cset.v1i2.472

Christian, M., Wibowo, S., Sunarno, S., Melati, R., & Perdini, F. T. (2023). Generation Z’s Determinants for Using Online Food Delivery in Jakarta. Widyakala Journal : Journal of Pembangunan Jaya University, 10(1). https://doi.org/10.36262/widyakala.v10i1.701

Marwiyah, M., Puji Arti, P., & Hidayat, T. (2022). An Analysis of Online Transportation Applications Between Gojek and Grab for Students. International Journal of Science Education and Cultural Studies, 1(1), 52–64. https://doi.org/10.58291/ijsecs.v1i1.28

Nadhifah, H. A., Arif, M., Sucipto, B., Sudibyo, H., Tegal, U. P., & Arif, M. (2024). Tingkat Perilaku Konsumtif Generasi Z Pada Mahasiswa Program Studi Bimbingan Dan Konseling Universitas Pancasakti. Jurnal Fokus Konseling, 10(1), 17–27. https://doi.org/10.52657/jfk.v10i1.2195

Palili, S., & Tang, M. (2022). Online Business Company Marketing. 1(2).

Syariah, K. B., & Ilmu, G. (n.d.). No perilaku konsumen (Issue september 2016).

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Awuk, M. (2024). Perilaku Konsumsi Generasi Z Dalam Pembelian Produk Makanan Pada Aplikasi Gojek Di Kota Malang. Jurnal BisTek PERTANIAN Agribisnis Dan Teknologi Hasil Pertanian, 11(2), 01–09. https://doi.org/10.37832/bistek.v11i2.88