ANALISIS EFISIENSI PEMASARAN TEMPE (Studi Kasus di Sentra Produksi Tempe Sanan, Kelurahan Purwantoro, Kecamatan Blimbing, Kota Malang)

Penulis

  • Maria Christina Sarkol
  • Lisa Kurniawati
  • Sri Susilowati

Kata Kunci:

Efisiensi pemasaran, Margin Pemasaran, Farmer’s Share, Saluran pemasaran

Abstrak

Industri tempe merupakan jenis usaha yang umumnya berupa industri
rumah tangga, dengan investasi tidak terlalu besar dan jumlah karyawaran sedikit.
Pemasaran yang efisien dapat memberikan keuntungan maksimal bagi pengarjin
tempe. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efisiensi pemasaran dan
faktor-faktor yang mempengaruhi marjin pemasaran tempe di daerah penelitian.
Dalam penelitian ini, efisiensi pemasaran dilihat dari nilai farmer’s share yang
diterima oleh pengrajin, serta marjin pemasaran tempe itu sendiri. Sampel
penelitian adalah pengrajin tempe dan pedagang. Sebanyak 58 pengrajin tempe
dijadikan sampel dan ditentukan dengan mengunakan metode simple random
sampling, dan para pedagang yang ditentukan dengan metode sampling snowball
sampling, yaitu menelusuri saluran pemasaran tempe tersebut. Variabel-variabel
yang diamati dalam penelitian ini adalah: 1) harga jual ditingkat pengrajin tempe,
2) harga jual ditingkat lembaga pemasaran, 3) biaya pemasaran, 4) Nilai produk
yang dipasarkan, 5) jumlah lembaga pemasaran yang dilalui, 6) marjin pemasaran,
7) farmer’s share dan 8) efisiensi pemasaran.
Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat 3 (tiga) saluran pemasaran di
tempat penelitian, yaitu pada saluran pertama pengrajin – konsumen, saluran kedua
pengrajin- pedagang pengecer- konsumen, dan pada saluran ketiga pengrajinpedagang keliling-konsumen. Dari hasil perhitungan efisiensi pemasaran dengan
menggunakan farmers share, diketahui bahwa pada saluran pemasaran yang
pertama terjadi efisinesi pemasaran sebesar 100%, dikarenakan pada saluran
tersebut tidak melalui perantara. Berdasarkan hasil analisis regresi berganda untuk
mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi margin pemasaran tempe di daerah
penelitian, diketahui bahwa faktor harga jual ditingkat pedagang (X4) berpengaruh
secara dominan terhadap marjin pemasaran tempe.


Kata Kunci: Efisiensi pemasaran, Margin Pemasaran, Farmer’s Share, dan Saluran pemasaran.

Unduhan

Diterbitkan

2021-06-23